Betul KANGEN Water HOAX ? Baca Dulu Ini!

Diposting pada 1.107 views

Betul KANGEN Water HOAX ? Baca Dulu Ini!

Tak Ada yang Salah dengan Surat Edaran Kemenkes

Sebetulnya surat edaran Kemenkes ini bukan hal baru di kalangan distributor Enagic.Kami bergabung sebagai distributor Enagic 2015 akhir, dan sejak awal bergabung para leader kami telah menyampaikan Kangen Water ini bukan obat.

Air Kangen Water membantu tubuh mencapai kondisi yang lebih seimbang karena memiliki sifat micro cluster (lebih mudah diserap tubuh), bersifat antioksidan karena mampu menangkal radikal bebas, dan bersifat basa atau alkaline, dan menurut pendapat beberapa ahli kesehatan, sifat alkaline yang dimiliki oleh air minum atau makanan juga sangat baik untuk kesehatan. KANGEN Water HOAX

Ketiga sifat Kangen Water ini memberikan manfaat bagi tubuh lebih baik daripada air putih biasa. Ketika kondisi tubuh kita lebih seimbang, secara otomatis, kemampuan tubuh untuk menangkal penyakit pun semakin baik.

Banyak orang yang merasakan kondisi kesehatannya semakin membaik setelah meminum Kangen Water.

Pada akhirnya orang-orang tersebut dengan sukarela memberikan kesaksian. Banyak yang menyampaikan sembuh dari berbagai penyakit dengan konsumsi rutin Kangen Water. Tidak terbendung informasi kesaksian ini, mungkin karena saking banyaknya testimoni ini, akhirnya membuat masyarakat berbondong-bondong ingin memiliki mesin Kangen Water. Bahkan di bulan September kemarin, dalam satu bulan penjualan mesin Kangen Water naik drastis hingga 8000 unit lebih dari yang biasanya hanya di angka 1000-2000unit/bulan. Sebuah pencapaian luar biasa dalam dunia bisnis, mengingat sebetulnya harga mesin ini tidak bisa dibilang murah untuk kantong masyarakat Indonesia.

Rata-rata mereka yang merasakan manfaat air Kangen Water memang pada akhirnya menyebarluaskan testimoni tersebut. Sebetulnya hal ini sangat wajar dalam masyarakat kita, karena budaya kita dengan mudah berbagi informasi masyarakat luas. Dan testimoni ini sah saja secara hukum. KANGEN Water HOAX

Permasalahannya, meskipun dalam berbagai pelatihan untuk para distributor telah ditegaskan bahwa Kangen Water ini bukan obat, banyak juga para distributor yang akhirnya mencantumkan testimoni ini diberbagai brosur penjualan Kangen Water sebagai bagian dari khasiat Kangen Water.

Perlu diketahui juga oleh masyarakat, sebetulnya perusahaan Enagic sebagai perusahaan yang menghasilkan mesin Kangen Water ini tidak memperkenankan para distributor nya untuk menjual air yang diproduksi dengan mesin Kangen Water ini dengan merek dagang Kangen Water. Hal ini amat wajar, karena urusan produksi air ini mutlak dilakukan oleh para pemilik mesin kangen water, bukan oleh Enagic sebagai perusahaan penghasil mesin. Bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dari penjualan airnya, tentu saja Enagic tidak mau bertanggungjawab, karena Enagic hanya menjual mesinnya saja. Enagic bertanggungjawab penuh dengan mesin yang diedarkan.

KANGEN Water HOAX

Khusus di Indonesia, para distributor mesin banyak juga yang berjualan air. Di negara-negara lain yang lebih maju, amat sangat jarang ditemui orang berjualan air, karena bagi mereka cukup mudah mengeluarkan uang puluhan juta untuk membeli mesin. Di Indonesia orang biasanya merasa butuh bukti dulu, baru akhirnya membeli mesin. Selain banyak juga orang yang merasakan manfaat air Kangen Water tapi belum mampu membeli mesin Kangen Water. Kondisi ini membuat sebagian distributor menjual air Kangen Water.

Well, ini tidak menjadi soal, mengapa? Karena ketika menjual air, tidak harus diberi label Kangen Water, bisa saja diberi nama Banyu Water, Toya Water, Air Water, terserah pihak yang menjual. Dan tentu saja, dalam menjual air kewajiban seorang penjual air adalah mengurus perijinannya. Bila itu air minum dalam kemasan, bisa diurus ijin SNI, bila itu isi ulang dan bukan air dalam kemasan, bisa mengurus PIRT dan Surat uji lab dari dinas kesehatan setempat.

Selain itu, rambu utama untuk tidak menganggap Kangen Water sebagai obat, masih tetap berlaku…

Well, apa yang saya sampaikan ini memang kondisi ideal, yang terjadi banyak pula distributor air kangen water yang “ngeyel” mencantumkan khasiat Kangen Water dalam kemasan air Kangen Water. Sekali lagi ini sebetulnya hanya merupakan kebijakan personal masing-masing distributor, bukan kebijakan Enagic sebagai perusahaan.

Adapun banyak orang yang menyampaikan testimoni, ini adalah mutlak hak konsumen. Boleh saja kita sebagai konsumen bakso anu, menyampaikan saya kalau migren makan bakso anu, migren saya hilang… Boleh saja jutaan orang melakukan testimoni semacam ini. KANGEN Water HOAX

Catatannya dalam dunia medis, ketika seseorang memberikan testimoni pada satu produk, ini tidak membuat produk itu secara otomatis diakui sebagai obat oleh dunia medis.

Melihat perkembangan penjualan air Kangen Water yang banyak mencantumkan khasiat inilah, pada akhirnya Kemenkes RI mengeluarkan larangan pada para distributor agar tidak mencantumkan khasiat dalam kemasan tersebut.

*Dan tidak disebutkan satu kata pun melarang peredaran mesin Kangen Water maupun airnya. Untuk airnya sebaiknya mengurus perijinan yang diperlukan. Sedangkan untuk para distributor yang tidak berjualan air, tetapi membuat sample air Kangen Water dan membagikannya pada masyarakat secara gratis, ini sah saja, namanya sedekah masa mau dilarang.*

Sayangnya, ada sebagian orang yang menggunakan surat edaran ini untuk menyerang bisnis Kangen Water. Dengan mengatakan bahwa Kangen Water itu hoax dan sebagainya. Mungkin mereka merasa risih dengan adanya Kangen Water dan memanfaatkan surat edaran tersebut yang sebetulnya tidak ada masalah berarti jika kita mencermati poin demi poinnya.

Kemudian terkait Kangen Water sebagai alat kesehatan, ini juga menjadi salah satu poin yang disebutkan dalam surat edaran Kemenkes.

Perlu kita ketahui, sama sekali tidak salah Kemenkes menyampaikan hal tersebut, karena perijinan mesin Kangen Water di indonesia memang hanya sebagai alat rumah tangga biasa, bukan sebagai medical device. Meskipun sebetulnya secara internasional Enagic mengantongi 3 sertifikat ISO, salah satunya adalah ISO dengan standar alat kesehatan. KANGEN Water HOAX

Mengapa sempat beredar mesin Enagic dengan stiker Bakti Husada dan tertulis mesin ini diakui oleh negara, dalam hal ini kemenkes. Hal ini terkait dengan perijinan yang disampaikan pihak Enagic pada 2015 lalu, perlu masyarakat luas ketahui, Enagic yang telah mendapatkan ISO sebagai medical device, secara manajemen mengajukan permohonan pula di indonesia sebagai alat kesehatan, maka diajukanlah ke kementrian kesehatan. Ketika ada surat dari Kementrian Kesehatan RI mereka salah mengartikan hal tersebut sebagai surat ijin edar, padahal yang sebenarnya adalah surat tanda terima permohonan, tapi belum sampai pada proses perijinan, karena memang di indonesia belum ada spesifikasi untuk mesin water ionizer sebagai alat kesehatan.

Sebagai perusahaan, Enagic pun sangat bekerjasama, ketika kesalahpahaman itu dijelaskan oleh pihak Kemenkes, maka sejak itu pula perusahaan tidak mengeluarkan lagi mesin berstiker Bakti Husada. Adapun telah banyak distributor yang memberikan label itu pada spanduk, brosur, dll, hal ini murni karena ketidaktahuan distributor akan kesalahpahaman ini. Enagic juga secara terbuka berani mengakui kesalahan tersebut dan memohon maaf kepada seluruh distributor maupun masyarakat.

Enagic pun selaku perusahaan membantu pihak Kemenkes menertibkan para distributornya untuk bertindak sesuai dengan arahan Kemenkes. Tentu saja hal ini membutuhkan waktu dan proses untuk selesai sampai semua distributor melaksanakan keputusan bersama Kemenkes dan Enagic.

Air Kangen Water ini adalah merek dagang, secara ilmiah sering disebut sebagai Hidrogen Rich Water (HRW) atau Electrolyzed Reduce Water (ERW). Penelitian terkait manfaat HRW dan ERW ini sebetulnya sangat banyak dilakukan oleh para ilmuwan. Baik uji coba dengan binatang maupun manusia. Para ilmuwan dunia pun telah berusaha mensosialisasikan penemuan ini pada dunia kesehatan sebagai alternatif solusi bagi dunia kesehatan. Namun sayangnya tidak semua kalangan medis mau lebih lanjut menelaah dan menindaklanjuti bukti-bukti ilmiah ini.

Saya ingin menutup tulisan ini dengan sebuah cerita. Pada masa itu, di sebuah desa muncullah wabah penyakit Malaria. Penduduk desa banyak yang tidak tertolong, dan akhirnya meninggal. Namun, ada sekelompok penduduk yang tinggal di tepi kolam yang akhirnya bisa sembuh dari penyakit Malaria ini. Ternyata di kolam itu tumbuh subur pohon Kina. Hal ini menarik perhatian para ilmuwan untuk melakukan penelitian pada pohon kina, dan akhirnya ditemukanlah obat malaria, banyak orang tertolong nyawanya. KANGEN Water HOAX

Hari ini, ribuan orang, bahkan mungkin lebih banyak lagi di seluruh dunia, mengaku merasakan manfaat Kangen Water untuk kesehatan mereka, namun amat sangat sedikit ilmuwan yang mau melakukan telaah pada fenomena ini. Dan saya justru bertemu beberapa orang yang merasa seorang scientist, dan mereka bertanya, mana penelitiannya, apa dasarnya, mana sumbernya?

Saya tidak tahu, apakah budaya ilmuwan kita memang hanya membaca hasil penelitian orang lain saja, atau memang ada ilmuwan kita yang ketika ada potensi kebaikan, mereka tergerak untuk melakukan sebuah penelitian.

Well, saya hanya orang awam, satu dari sekian ribu orang yang merasakan manfaat Kangen Water. Saya berharap, di kemudian hari akan ada para ilmuwan yang ketika melihat sebuah fenomena kebaikan, tidak hanya bertanya apa dasarnya, mana penelitiannya, mana sumbernya? Dan bahkan terkesan meremehkan penelitian yang sudah dimulai oleh orang lain. Tapi saya sangat berharap bertemu dengan para ilmuwan jaman now yang ketika melihat potensi kebaikan, maka jiwa scientist yang muncul bukan keinginan untuk mencari sumbernya dari orang lain, apalagi meremehkan hasil penelitian orang lain, tapi membuktikannya dengan penelitiannya sendiri. KANGEN Water HOAX

INFO seputar KANGEN Water bisa anda hubungi kami Disini >>

MusimHOAKS, 25 Nov 2017
Sumber Tulisan dari Akun Facebook : Iedelina El Syifa dan Kotjo Al Ayyubi
(Distributor Resmi Mesin Kangen Water Enagic Indonesia, Peringkat 6A2, Triple platinum achiever)